Home » Bahaya Kopi » Bahaya Minum Kopi Jika Berlebihan
Bahaya Minum Kopi Jika Berlebihan

Bahaya Minum Kopi Jika Berlebihan

Hati hati Kopi adalah minuman yang bisa overdosis. Efek dan bahaya minum kopi ternyata lebih berpengaruh bagi wanita dibandingkan dengan pria. Hal ini diketahui dari hasil penelitian yang dipimpin oleh Dr. Lindsay St, Claire.

Bahaya Minum Kopi Jika Berlebihan

Sebagian orang mengatakan bahwa bekerja belum bisa semangat jika tidak minum kopi di pagi hari, jangan terlalu banyak. Mayo Clinic menganjurkan jangan minum lebih dari 500 mg sampai 600 mg kafein sehari. Satu cangkir isi 230-240 ml kopi medium roast mengandung sekitar 200mg kafein. 1 saji espresso mengandung sekitar 75 mg, dan teh hitam 240 ml mengandung 120 mg kafein.

Efek samping kopi jika dikonsumsi terlalu banyak

Menurut Mayo Clinic, bisa terjadi efek samping jika minum kopi lebih dari 600 sampai 900 mg kafein perhari. Efek samping yang terlihat terdiri atas insomnia, gelisah, mual, denyut jantung tidak beraturan, otot tremor, ansietas, dan  sakit kepala.
Lagi pula pada kenyataannya terlalu banyak kafein bisa berakibat fatal. Menurut sebuah kasus yang diterbitkan oleh dokter dari Swedia dalam Acta Anaesthesiologica Scandinavica tahun 2010, seorang perempuan yang berumur 21 tahun menderita serangan jantung ( cardiac arrest ) sesaat sesudah minum sekitar 10.000 mg kafein. Ia sempat dirawat dan tiga hari kemudian tidak lagi memberikan respons pada obat atau bantuan medik.

Sebagai stimulan ( zat perangsang ) buatan, kafein berlebihan dapat menganggu keseimbangan kandungan lemak, tekanan darah dan sekresi asam dalam darah. Kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah, penyakit hati bahkan menyebabkan kemandulan.
Kafein juga dapat bersifat diuretik, yaitu mendorong pengeluaran air dalam tubuh, juga menyebabkan vasodilasi, pengeluaran keringat serta pengeluaran asam gastrat yang menyebabkan perut menjadi panas.

Minum kopi lebih dari tiga cangkir sehari mungkin terlalu banyak bagi tubuh

Hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa kafein dapat menyebabkan penyakit jantung, osteoporosis, kanker, radang lambung dan osteoporosis umumnya tidak konsisten. Sebab, umumnya penyakit ini disebabkan kombinasi dari berbagai gaya hidup lainnya.

Bagi orang yang mengidap penyakit jantung, hipertensi, atau ginjal sebaiknya meminta petunjuk dokter atau ahli gizi untuk mengonsumsi kopi.

14 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *