Kopi Robusta

Kopi Robusta

Kopi Robusta memiliki ukuran biji yang besar, bentuknya oval, tinggi kafein dan memiliki aroma yang kurang harum. Robusta dapat dikembangkan dalam lingkungan dimana arabika tidak akan tumbuh, dan membuatnya menjadi pengganti arabika yang murah. Robusta biasanya tidak dinikmati sendiri, dikarenakan rasanya yang pahit dan asam. Kopi lampung dan kopi bali merupakan contoh dari kopi jenir Robusta.

Istilah Kopi Robusta

Istilah “Robusta” sebenarnya merupakan sebutan untuk varietas yang ditanam secara luas dari spesies ini. spesies ini merupakan tanaman yang berupa semak belukar secara keseluruhannya atau pohon kecil yang tumbuh sampai 10 meter tingginya, tetapi memiliki sistem perakaran yang dangkal. Buahnya berbentuk bulat dan membutuhkan 11 bulan untuk menjadi matang, benih ( biji kopi) berbentuk oval dan lebih kecil dibamdingkan dengan Kopi Arabika. Dikutip dari Wikipedia.com, Kopi Robusta tumbuh di Afrika Barat dan Tengah, sepanjang Asia Tenggara dan juga di Brazil, disana kopi jenis ini dikenal dengan nama Conillon.

Klasifikasi Kopi Robusta.

Kopi robusta ( Coffea rubsta Lindl ex DeWild)
Klasifikasi
Divisi : Spermatophyta
Subdivisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Bangsa : Rubiales
Suku : Rubiaceae
Marga : Coffea
Spesies : Coffea rubsta Lindl ex DeWild

Ciri Ciri Kopi Robusta

  • Habitus : perdu, tahunan, tinggi kurang lebih 5 m.
  • Batang : berkayu, keras, tegak, putih keabu abuan.
  • Daun : tunggal, bulat telur, mengkilat, ujung runcing, tepi merata, pangkal tumpul, panjang 5 – 15 cm, lebar 4 – 7 cm.
  • Bunga : majemuk, bentuk payung, diketiak daun kelopak berbagi lima, hijau, mahkota berbentuk bintang, putih, benang sari lima, tangka sari putih, kepala sari hitam panjang putik kurang lebih 3cm, kepala putik cokelat, putih.
  • Buah : bulat telur, diameter kurang lebih 5 mm, masih muda hijau setelah tua merah.
  • Biji : blat telur, berbelah dua, keras, putih kotor.
  • Akar: tunggang, kuning muda.

Kandungan Kimia dan Khasiat Kopi Robusta

Daun kopi mengandung alkaloida saponin, flavonoida, dan polifenol, biji kopi berkhasiat sebagai pencegah keracunan tempe bongkrek, obat batuk, obat kuat dan peluruh air seni.

Kopi Robusta. Post by: admin | 4.5
2 Comments
  1. 1 year ago
    Dana Nasihardani

    kopi

    Reply
  2. 1 year ago
    E.Susanto

    siip gan,,,

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>