Manfaat Kopi Bagi Untuk Wanita

Studi Kasus. Banyak manfaat kopi bagi kesehatan pada wanita. Sebuah studi penelitan tentang manfaat kopi bagi wanita sangat berhubungan dengan resiko kanker endometrium. Setelah memasuki usia menopause, bahwa wanita rentan terhadap penyakit kardiovaskular dan penyakit inflamasi. Kemungkinan tersebut dapat dikontrol sampai batas tertentu dengan bantuan kopi.

manfaat kopi bagi wanitaTampaknya bahwa wanita yang minum beberapa cangkir kopi setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker endometrium. Kanker Endometrium adalah jenis penyakit yang paling umum terjadi pada organ reproduksi wanita.

Mari simak beberapa penjelasan dari hasil penelitian tentang manfaat kopi bagi wanita yang saya kutip dari berbagai website.

Para peneliti di Universitas Harvard menganalisis data 67.470 wanita berusia antara 34 dan 59 tahun mereka yang rata-rata minum empat cangkir kopi per hari memiliki risiko 25% lebih rendah terkena kanker endometrium, dan mereka yang minum dua atau tiga cangkir per hari memiliki risiko 7% lebih rendah. Meskipun penelitian tersebut tidak membuktikan bahwa minum kopi langsung bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker, para peneliti mengatakan hal tersebut hubungan dengan sebab dan akibat yang masuk akal. ( Baca: Bahaya kopi jika dikonsumsi secara berlebihan ).

Apakah dengan minum kopi dapat bermanfaat menurunkan risiko kanker endometrium?
Edward Giovannucci, MD, seorang profesor gizi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health, di Boston yang memimpin penelitian. Hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, menambahkan bahwa semakin banyak bukti yang menunjukkan kopi dapat menawarkan lebih banyak manfaat daripada kerugian nya tentang resiko terhadap kanker endometrium.

Kopi tanpa Kafein?
Donald Hensrud, MD, ketua pengobatan pencegahan di Mayo Clinic, di Rochester, Minnesota. Diperkirakan lebih dari beberapa ribu zat dan komponen yang berbeda dalam kopi, banyak yang bersifat antioksidan, seperti asam klorogenat juga mempunyai peran terhadap resiko menurunkan kanker endometrium.

Dalam studi lain dijelaskan bahwa kopi tanpa kafein tampaknya lebi besar perannya menurunkan risiko kanker endometrium pada wanita, Tetapi ini tidak sepenuhnya jelas bagaimana minum kopi dapat meningkatkan kesehatan, karena para peneliti memiliki data yang terlalu sedikit pada peminum kopi tanpa kafein untuk mendapatkan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Kesimpulan.
Belum ada yang bisa memastikan bahwa kopi dapat bermanfaat bagi wanita terhadap resiko penyakit kanker endometrium, karena kandungan zat yang terkandung dalam secangkir kopi berbeda beda disetiap komposisinya.

Seluruh penelitian hingga saat ini belum bisa dikatakan sebagai hal yang final. Ini menunjukkan, bahwa para ahli kesehatan sendiri tak sepenuhnya melarang mengkonsumsi kopi. Tetapi disarankan untuk mengkonsumsinya secara wajar.

Cara yang paling efektif bagi wanita untuk mendeteksi kanker endometrium adalah mendeteksi bentuk perdarahan pada saat menstruasi yang tidak teratur dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika melihat sesuatu yang aneh.

Lalu bagaimana dengan Anda para penikmat kopi menyikapinya?
Manfaat kopi sangat baik bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara baik dan tidak berlebihan. Meminum kopi cukup 1 -2 cangkir sehari kita sudah mendapatkan manfaatnya.